Loading...

Tips Aman Berbelanja Online























Sebelumnya telah dibahas Kenapa Orang Tertarik Buat Belanja Online , nah sekarang saya akan bahas tentang Tips aman belanja online. Ini juga ga kalah penting. Apalagi kalian yang memilih belanja online buat sekedar gaul aja. Berikut adalah tipsnya yang saya kutip dari Kompas Techno (sudah saya edit tentunya)

1. Lakukan Riset terhadap Situs tempat Anda Belanja Online
Ini nih, yang paling sering diabaikan. Baru misalkan dilihat dari iklannya sih emang bagus, tapi ingatlah kata orang tua "teliti sebelum memilih" . Jadi, lakukan riset minimal 3 situs jual beli online. Cari situs yang sudah mempunyai domain resmi, seperti ".com, .net, dll. Karena biasanya yang tidak memiliki domain resmi kemungkinan besar akan menipu anda . Namun, tidak serta merta yang menggunakan domain resmi juga akan berkedok penipuan. Jadi Waspadalah, Waspadalah!!

2. Baca kebijakan situs belanja online anda
Jangan sampai di kebijakan situs tertera bahwa data pribadi anda, seperti no kartu kredit dapat dilihat oleh orang lain selain anda dan si pihak penjual. Karena buntutnya pasti penipuan! Tinggalin aja kalau ada website yang seperti ini.

3. Teliti pilih Barang
Ini juga nih, buat kamu yang baru pertama kali belanja online biar dikira gaul, harus tau yang macam begini. Pilih barang yang sesuai dengan kebutuhan dan finansial anda. Jangan asal pilih barang baru bermerk asing dan bagus dimata anda. Anda asal beli barang, minta supaya barang sampai baru dibayar, trus pas ditagih sama tukang antarnya, dompet anda "kurang tebal" untuk membayar belanjaan anda. Trus anda digiring dah ke kantor polisi terdekat atas tuduhan PENIPUAN. intinya, teliti saja.  

4. Amankan Gadget yang Anda Gunakan untuk Belanja Online
Hal ini juga tidak kalah penting. Gadget yang anda gunakan, PC atau Smartphone contohnya. Bekalilah dia dengan antivirus ternama. Seperti Kaspersky Lab, Bit Defender, dan antivirus lokal kita, SMADAV, dan yang lainnya. Kemungkinan website belanja anda terisi virus juga ada kan? Jadi tidak ada salahnya membekali diri dengan satu diantara mereka.

5. Simpan Bukti Pembelian
 Hm, hal ini AMAT SANGAT PENTING. Saya sendikit bingung kenapa ini saya tulis paling akhir.Lupakan sajalah.  Ini adalah alat bukti bahwa anda telah berbelanja secara sah . Bukti pembelian dapat diperlihatkan juga pada saat serah terima barang. Jika terjadi kekeliruan harga, anda dapat memperlihatkan ini pada tukang antar barangnya. Lalu, ini adalah saat yang tepat untuk balas dendam dengan tukang antar barangnya. Bilang saja " Kok harga barangnya beda sih? Kamu jangan macam-macam sama saya, saya punya buktinya . Kamu mau saya laporkan ke kantor polisi atas tuduhan PENIPUAN?" Dijamin si tukang antar bakal ciut.

Sekian Tips dari saya. Happy Shopping! ^_^
author

This post was written by: Satria Partha

Enjoy!

Get Free Email Updates to your Inbox!

1 komentar:

maksaih tipsnya jadi berani belanja online

nutrilon

Reply

Post a Comment

CodeNirvana
© Copyright Satria Partha Wijaya's Blog
Back To Top