Loading...

Cara Berenang untuk Pemula


Cara berenang untuk pemula. Berenang adalah salah satu aktivitas olahraga akuatik yang cukup digemari oleh semua kalangan. Namun, banyak kita jumpai anak-anak atau orang dewasa yang tidak bisa berenang. Mereka yang tidak bisa berenang mungkin dahulunya mereka memiliki trauma dengan air. Namun alasan paling banyak yang dikatakan yakni TAKUT TENGGELAM. Mengapa mesti takut? Berikut adalah tips gampang untuk dapat berenang dengan mudah dan cepat :

1. Berlatih Bernafas
Kebanyakan orang yang tenggelam karena hal ini. Bernafas adalah hal yang paling dasar dalam berenang. Caranya ambil nafas melalui mulut dan cobalah untuk memasukkan kepala kedalam air. Ingat! jangan ragu untuk mencoba. Keluarkan nafas anda di air melalui hidung. Cobalah beberapa kali sampai terbiasa.

2. Mengapung
Mengapung berbeda dengan mengambang. Mengambang artinya badan anda ada di atas air sedangkan mengapung artinya badan anda berada di air dengan keadaan kaki tidak menyentuh dasar kolam. Cara gampangnya pertama-tama gunakan pelampung di tangan. Jangan Malu! Singkirkan rasa malu anda untuk mencoba. Gerakkan kaki seperti kaki katak. Gerakkan pula tangan anda seperti kaki. Lakukan secara rutin. Jika merasa sudah bisa menguasai gerakan tersebut, lepas pelampung anda. Coba secara perlahan. Untuk yang masih takut, cobalah dekat dengan tangga naik di kolam. Agar sewaktu-waktu anda panik, anda dapat memagang tangga tersebut.

3. Meluncur
Ini dapat dilakukan jika dirasa dapat melakukan no 1 dan 2. Gerakan ini tidak terlalu susah. Caranya dengan cara membentuk sudut lancip kedepan dengan kedua tangan . Setelah itu mengambang dan gerakkan kaki sembari tangan tetap membentuk sudut lanjip kedepan.

Itu saja, tidak terlalu sulit toh? Asal ada kemauan dan usaha, pasti bisa. Selamat mencoba ^_^
author

This post was written by: Satria Partha

Enjoy!

Get Free Email Updates to your Inbox!

1 komentar:

makasih tipsnya oke banget buat saya

bebelac gold

Reply

Post a Comment

CodeNirvana
© Copyright Satria Partha Wijaya's Blog
Back To Top